JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
Vol 4, No 2 (2020): JUNI

PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU SMAN 2 WOHA DALAM MELAKUKAN EVALUASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CBT

Agustinasari Agustinasari (STKIP Taman Siswa Bima)
Endang Susilawati (STKIP Taman Siswa Bima)
Ita Fitriati (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2020

Abstract

Abstrak: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatar belakangi  era revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang sangat pesat. Salah satu bentuk aplikasi teknologi informasi dalam pembelajaran yaitu membuat evaluasi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi computer based test (CBT).  Pemanfaatan internet dan teknologi dalam pembelajaran masih kurang, oleh karena itu tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah mengadakan pelatihan penyusunan evaluasi pembelajaran menggunakan CBT di SMAN 2 Woha. Pelatihan ini meningkatkan keterampilan dan pengetahuan guru dalam penggunaan internet dan teknologi untuk evaluasi pembelajaran yang menarik dan menyesuaikan diri di era pembelajaran industri 4.0. Pelaksanaan pelatihan ini menggunakan metode presentasi, metode demonstrasi dan metode praktik. Pada akhir rangkaian kegiatan dilakukan evaluasi secara online menggunakan google form. Berdasarkan hasil kegiatan, dapat disimpulkan bahwa 66,7 % peserta sudah mampu menyusun evaluasi pembelajaran menggunakan CBT.Abstract: This community service activity is motivated by the era of the industrial revolution 4.0 marked by the rapid development of information and communication technology (ICT). One form of application of information technology in learning is to make evaluation of learning by using a computer -based test (CBT) application. The use of the internet and technology in learning is still lacking, hence the purpose of this community service is to provide training in the arrangement of learning evaluations using CBT at SMAN 2 Woha. Through this training it is expected to improve the skills and knowledge of teachers in the use of the internet and technology for interesting implementation of learning and adaptation to the era of industrial learning 4.0. The training was conducted using presentation methods, demonstration methods and practical methods. At the end of the series of activities, an online evaluation is performed using Google Form. Based on the results of the activity, it can be concluded that 66.7% of the participants were able to compile an evaluation of learning using CBT

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Other

Description

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) is a journal published by the Mathematics Education Departement of Education Faculty of Muhammadiyah University of Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) aims to disseminate the results of conceptual thinking and ideas, especially the results of educational research ...