Reputation : Jurnal Hubungan Masyarakat
Vol 2 No 2 (2019): Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat

Pengelolaan Program Penghargaan Pegawai Teladan Melalui Role Model

Dinar Fadillah (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Zaenal Mukarom (Unknown)
Betty Tresnawaty (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2020

Abstract

Tulisan ini menjelaskan tentang pengelolaan program penghargaan pegawai teladan yang dilakukan oleh Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat dalam rangka memelihara hubungan baik antar pegawai melalui Role Model. Penelitian yang dilakukan menggunakan paradigma konstruktivisme, metode kualitatif, dan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui pengelolaan program penghargaan pegawai teladan melalui Role Model secara mendalam dan menyeluruh. Konsep yang digunakan adalah konsep Four Steps Public Relations dari Cutlip, Center, and Broom, dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi partisipatori pasif, dan wawancara mendalam. Teknis analisis yang digunakan adalah reduksi data dan penyajian data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan program penghargaan pegawai teladan memiliki pengaruh terhadap hubungan antar pegawai dan sesuai dengan konsep Four Steps Public Relations dari Cutlip, Center, and Broom yakni tahap pendefinisian masalah dengan koordinasi penentuan masalah, koordinasi pembentukan tim, pengumpulan data, dan analisis penentuan masalah. Tahapan selanjutnya perencanaan dan pemrograman dengan merencanakan komunikasi yang baik, merencanakan kriteria, calon Role Model, dan konfirmasi kepada ketua. Tahap berikutnya pelaksanaan dengan melaksanakan penyebaran angket, pengolahan data, konfirmasi kepada ketua, dan melaksanakan penetapan pemenang Role Model. Tahap terakhir adalah evaluasi dengan monitoring kepada pemenang, pengawasan dengan berkoordinasi, laporan kepada ketua, dan evaluasi untuk periode selanjutnya. This paper describes the management of exemplary employee award programs conducted by the West Java High Religion Court in order to maintain good relations between employees through the Role Model. The research was conducted using the constructivism paradigm, qualitative methods, and a case study approach that aims to determine the management of the exemplary employee reward program through an in-depth and comprehensive Role Model. The concept used is the concept of Four Steps Public Relations from Cutlip, Center, and Broom, using passive participatory observation data collection techniques, and in-depth interviews. The analysis technique used is data reduction and data presentation. The results of this study indicate that the management of the exemplary employee award program has an influence on the relations between employees and in accordance with the concept of Four Steps Public Relations from Cutlip, Center, and Broom namely defining the problem with coordination of problem determination, coordination of team formation, data collection and analysis problem determination. The next stage is planning and programming by planning good communication, planning criteria, prospective Role Models, and confirming to the chairman. The next stage is the implementation of questionnaire dissemination, data processing, confirmation to the chairman, and implementing the determination of the Role Model winner. The last stage is the evaluation by monitoring the winners, monitoring by coordinating, reports to the chairman, and evaluation for the next period.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

reputation

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2016. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan ...