JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
Vol 7, No 2 (2019): December 2019

Dampak Melatihkan Pengintegrasian Hukum Newton dalam Pembelajaran Prinsip Archimedes melalui Program Resitasi terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa

Irvany Nurita Pebriana (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta)
Tsania Nur Diyana (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang)
Sutopo Sutopo (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2021

Abstract

Telah dikembangkan program resitasi berbantuan komputer yang dapat digunakan untuk melatihkan mahasiswa mengintegrasikan hukum Newton dalam menyelesaikan persoalan terkait prinsip Archimedes. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui efektivitas program resitasi terhadap pamahaman konsep mahasiswa. Sesuai dengan tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan mixed method desain embedded experimental model. Instrumen tes berupa 8 soal pilihan ganda beralasan dengan 20 mahasiswa S1 Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang sebagai subyek penelitian. Hasilnya, program resitasi ini efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa secara signifikan terutama kemampuan menentukan besar dan arah gaya-gaya yang bekerja pada benda yang dicelupkan dalam fluida. Akan tetapi, program ini kurang efektif dalam meningkatkan kemampuan berikut, (1) menjelaskan pengaruh percepatan gravitasi terhadap banyaknya volume benda yang tercelup dalam fluida, (2) menentukan posisi benda yang tercelup dalam fluida setelah tercapai kesetimbangan, dan (3) menentukan besar gaya angkat yang dialami oleh benda identik yang dicelupkan dalam fluida yang berbeda.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...