JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)
Vol 16, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Khusus

Peran Bimbingan dan Konseling di Sekolah Inklusif

Rima Irmayanti (IKIP Siliwangi)
Wiwin Yuliani (IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2020

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran bimbingan dan konseling dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di sekolah-sekolah formal, utamanya pada jenjang TK, SMP, dan SMA.  metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian sebanyak tiga orang guru BK, di antaranya yaitu, 1) Sr guru BK dari SMP Negeri 3 Bale endah Kabupaten Bandung, 2) NE pengurus dari Yayasan Arafah Mukapayung Cililin, dan 3) MY guru BK dari SMA Negeri 1 Marga Asih. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa peran BK dalam pendidikan inklusif di sekolah yaitu; a) mengidentifikasi siswa berkebutuhan khusus melalui alat tes maupun non tes, b) menyusun program pendidikan khusus/inklusif, c) pelaksanaan layanan BK terhadap siswa berkebutuhan khusus beragam disesuaikan dengan jenisnya, temporer atau permanen.  Kata Kunci: Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Inklusif, Sekolah Formal 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild to severe disabilities. The ...