Jurnal Penelitian Humaniora
Vol 24, No 2 (2019)

IDENTIFIKASI PEMBENTUKAN KARAKTER KEBANGSAAN MELALUI CARA MEMILIH PRODUK PADA ANAK USIA DINI DI DIY

Anang Priyanto (FIS UNY)
Pratiwi Wahyu Widiarti (FIS UNY)
M. Lies Endarwati (FE UNY)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) upaya-upaya yang telah dilakukan orangtua dalam mencintai produk Indonesia pada anak usia dini, dan 2) model pendidikan kebangsaan kepada anak usia dini.Penelitian ini merupakan penelitian R D dengan populasi penelitian adalah keluarga yang mempunyai anak usia sampai dengan 6 tahun sebagai warga Daerah Istimewa Yogyakarta dengan sampel penelitian menggunakan multistage sampling. Hasil penelitian ini adalah 1) Upaya yang paling banyak dilakukan orang tua kepada anak untuk mencintai produk Indonesia dengan cara mengenalkan budaya Indonesia (55,07%).Upaya paling banyak dilakukan orang tua untuk mengenalkan kepada anak produk Indonesia dengan cara menggunakan atau memakai produk Indonesia (68,12%). 2) Ditemukan model pendidikan kebangsaan kepada anak usia dini dalam bentuk:(a) ToT untuk guru tentang bagaimana mendampingi anak dalam memilih produk dalam negeri. (b) Pelatihan dan pendampingan untuk orangtua untuk memperkenalkan bagaimana cinta produk dalam negeri.(c) Penyusunan modul pembelajaran kepada anak dalam memilih produk Indonesia

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

humaniora

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian Humaniora is published by Institute of Research and Community Service, Universitas Negeri Yogyakarta Jurnal Penelitian Humaniora publishes articles of non educational research and issues related to humanity (culture, language, arts, social ...