ISTORIA
Vol 17, No 1 (2021): ISTORIA Edisi Maret, Vol. 17. No. 1

KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

Nara Setya Wiratama (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

AbstrakMata Pelajaran Sejarah merupakan salahsatu pelajaran yang menyenangkan. Peserta didik di bawa ke sebuah peristiwa masa lalu, melewati antar dimensi dan merasakan kembali peristiwa tersebut. Sungguh menarik peristiwa ini saat dijelaskan dengan menyenangkan oleh guru sejarah. Inilah kemampuan public speaking. Kemampuan yang harus dikuasai guru sejarah di revolusi industry 4.0 dalam mengemas pembelajaran agar diminati dan disukai peserta didik. Tujuan artkel ini, guru memahami berbagai teknik public speaking dan dapat menerapkannya dalam pembelajaran. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis. Dimulai dari tahapan mendeskripsikan, menganalisis, dan membandingkan. Pengumpulan data melalui content analysis, in-depth interviewing, dan observation. Untuk menghasilkan kemampuan public speaking yang baik, guru  harus menemukan strong why dalam dirinya, melakukan komunikasi dalam pembelajaran dengan tahap sebagai berikut: (1) amazing opening; (2) content; dan; (3) powerful closing. Guru harus menjadi fasilitator kepada peserta didik dengan menggunakan komukikasi dua arah dan bersifat tidak menggurui; guru dan peserta didik bersama dalam memahami serta mencari makna di sebuah persoalan; guru bukan orang asing bagi peserta didik, namun seorang sahabat yang senantiasa menguatkan dan memotivasi.Kata Kunci: public speaking, pembelajaran, sejarah, pembelajaran sejarah

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

istoria

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Istoria is a high quality research journal that is published by History Education Study Program Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) and Keluarga Alumni Prodi Pendidikan Sejarah (KAPPS). Journal Istoria is providing a platform that welcomes ...