Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Vol 8, No 2 (2020): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako

Analisis Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Bentuk Essay yang dibuat oleh Guru Fisika SMA di Kota Palu

Andriani, Andriani (Unknown)
Supriyatman, Supriyatman (Unknown)
Muslimin, Muslimin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan soal HOTS bentuk Essay yang dibuat dan diklaim oleh guru Fisika SMA di Kota Palu adalah soal HOTS yang kemudian disesuaikan dengan kriteria soal HOTS. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Responden pada penelitian ini adalah guru fisika SMA yang ada dikota Palu. Objek penelitian ini adalah soal ulangan maupun soal ujian yang pernah diujikan ke siswa. Data diperoleh dari soal-soal yang dibuat oleh guru dan hasil wawancara. Masing-masing soal terdiri dari 5 nomor soal. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan empat aspek kriteria soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) yaitu : Stimulus, Kontekstual, Dapat menarik kesimpulan, Taksonomi Bloom, dapat disimpulkan bahwa penggunaan kontekstual lebih dominan digunakan dalam penyajian soal yang dibuat oleh guru SMA di Kota Palu. Bila ditinjau dari Taksonomi Bloom, maka soal-soal yang dikembangkan guru Fisika SMA diKota Palu masih berada pada level ingatan, pemahaman, dan aplikasi, sedangkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) menuntut level berpikir analisis, mengevaluasi, dan mencipta.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

EPFT

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) merupakan jurnal elektronik open access yang bertujuan untuk mempublikasi hasil-hasil penelitian terbaru dalam area pendidikan khususnya pada bidang pendidikan fisika meliputi asesment pembelajaran, model pembelajaran dan pengembangan perangkat ...