Mimbar PGSD Undiksha
Vol 8, No 3 (2020)

Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Wali, Marselina (Unknown)
Mbabho, Finsensius (Unknown)
Pali, Agustina (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2020

Abstract

Suasana pembelajaran yang kurang menyenangkan dan kurang bermakna dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, sehingga di perlukan penerapan model pembelajaran yang mampu menciptakan suasana pembelajaran efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran terpadu tipe webbed untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 yang terdiri dari 13 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan memberikan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah pada siklus I siswa yang memperoleh skor ≥ 65 sebanyak 5 orang siswa dengan rata-rata skor 57,30, sedangkan pada siklus II siswa yang memperoleh skor ≥ 65 sebanyak 13 orang dengan rata-rata skor 74, 23. Simpulan dari penelitian ini adalah implementasi pembelajaran terpadu tipe webbed dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep siswa secara melalui pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna, dapat mengembangkan keterampilan kognitif, dan psikomotorik siswa, serta mampu meningkatkan motivasi siswa untuk belajar.

Copyrights © 2020