Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha
Vol 8, No 3 (2020): September, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha

PENINGKATAN KUALITAS PERKULIAHAN MATA KULIAH HUKUM ACARA PIDANA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOCIAL PROBLEM SOLVING PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKN FHIS UNDIKSHA

Kertih, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa dalam perkuliahan mata kuliah Hukum Acara Pidana melalui pengembangan model pembelajaran yang dapat memfasilitasi dan memediasi peningkatan kompetensi mahasiswa secara optimal. Penelitian ini menggunakan rangcangan penelitian tindakan kelas (classroom action research), dengan siklus berdaur ulang. Pada setiap siklusnya dilakukan prosedur-prosedur tindakan sebagai berikut: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi atau monitoring tindakan dan hasil-hasilnya; dan (4) evaluasi dan refleksi tindakan dan hasil-hasilnya). Penerapan Model Social Problem Solving dalam Pembelajaran Mata Kuliah Hukum Acara Pidana sangat potensial untuk mengambangkan kompetensi mahasiswa ”mengambil keputusan mengenai hal-hal yang berkenaan dengan kepentingan publik secara nalar (kritis, kreatif dan antisipatif) dan bertanggung jawab.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JJPP

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat ...