Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan
Vol 9, No 2 (2020): Bahana Manajemen Pendidikan

Evaluasi Program Pelatihan Survei Kinerja Akuntabilitas menggunakan Model Context, Input, Process, Product

Dedy Agustanto (Pascasarjana Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang)
Waskito Waskito (Pascasarjana Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang)
Fahmi Rizal (Pascasarjana Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang)
Dedy Irfan (Pascasarjana Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang)
Wawan Purwanto (Pascasarjana Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang)
Hasan Maksum (Pascasarjana Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2020

Abstract

Perwakilan BKKBN Sumatera Barat melaksanakan program pelatihan Survei Kinerja dan Akuntabilitas Program (SKAP) tahun 2019. Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan, masih ditemukan permasalahan dalam penyelenggaraan pelatihan. Oleh karena itu, harus dilakukannya sebuah penelitian dalam rangka mengevaluasi program pelatihan SKAP 2019. Penelitian tersebut akan mengevaluasi program pelatihan SKAP tahun 2019 dan nantinya sebagai masukkan dalam penyelenggaraan program pelatihan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa program pelatihan SKAP tahun 2019 pada komponen context meliputi tujuan, lingkungan yang mendukung tujuan dan kebutuhan akan pelatihan mendapat skor rata-rata 4,55 (90,96%) dengan hasil kategori sangat baik. Pada komponen input meliputi pendidik, peserta didik, sarana dan prasarana serta biaya mendapat skor rata-rata 4,18 (83,60%) dengan hasil kategori baik. Pada komponen process meliputi pelaksanaan, pemanfaatn SDM, pemanfaatan sarana dan prasarana mendapat skor rata-rata 4,22 (84,39%) dengan hasil kategori baik. Pada komponen product meliputi hasil peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta pelatihan mendapat skor rata-rata 4,62 (92,46%) dengan hasil kategori baik. Dengan demikian dari hasil tersebut disimpulkan secara umum pelaksanaan pelatihan berjalan dengan baik namun ada kekurangan pada salah satu indikator input dan proses terutama pada ketersediaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana terkhusus smartphone, yang harus dipersiapkan dengan jumlah yang memadai dan memiliki cadangan serta kondisinya baik sehingga pelaksanaan pelatihan dapat berjalan lancar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bahana

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan (JBMP) is a scientific journal in the field of Management and Education. This journal is published twice editions published a year. JBMP published by Educational Adminstration, Faculty of Educational Science at Padang State University collaboration with Ikatan ...