Department of Naval Architecture
Vol 9, No 2 (2021): April

Analisis Kekuatan Struktur Stern Ramp Door dengan Variasi Bentuk Clevis pada Kapal Ferry Ro-Ro 600 GT

Ardhani Bintang Novian (Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)
Ahmad Fauzan Zakki (Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)
Kiryanto Kiryanto (Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2021

Abstract

Kapal ferry ro-ro merupakan kapal yang dapat memuat kendaraan yang dapat berjalan masuk ke dalam kapal dan berjalan keluar dari kapal dengan penggeraknya sendiri, sehingga sering disebut dengan kapal rool on – roll off atau disingkat kapal ferry ro-ro. Karena muatan kapal ini berupa kendaraan, maka kapal ini dilengkapi dengan adanya pintu rampa untuk akses keluar masuk kendaraan. Ramp Door (Pintu Rampa) merupakan sebuah fasilitas dari kapal jenis ro-ro yang merupakan sebuah pintu yang secara umum terletak di buritan dan di haluan dengan tujuan sebagai menjembatani kendaraan dari car deck ke dermaga. Dari sebuah kasus insiden yang terjadi di Dermaga III Pelabuhan Bakauheni, Lampung yaitu adanya kecelakaan Kapal Nusa Putra yang diakibatkan karena  konstruksi ramp door patah. Merujuk pada penelitian yang sudah ada tentang analisis kekuatan ramp door, maka pada penelitian ini masih diperlukan penelitian pada konstruksi stern ramp door lebih lanjut dan akan ditambahkan penelitian dibagian clevis / kupingan guna untuk mengetahui seberapa kuat kekuatan dari clevis ramp door untuk digunakan saat bongkar muat. Objek dalam penelitian ini adalah kapal Ferry ro-ro 600 GT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tegangan maksimum dan minimum pada konstruksi stern ramp door setelah diberi variasi pembebanan dan kondisi yang berbeda, mengetahui karakteristik tegangan pada konstruksi stern ramp door setelah diberi variasi pembebanan serta Mengetahui karakteristik pada setiap desain clevis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbasis metode elemen hingga dibantu dengan software abaqus CAE. Validasi model dilakukan dengan menggunakan perhitungan defleksi mekanika teknik dan didapatkan nilai eror sebesar 3,34 %. Beban yang digunakan dalam penelitian ini adalah beban kendaraan 4 ton, 8 ton dan 16 ton. Variasi yang diberikan berupa kondisi ramp door 10  dan posisi kendaraan diatas ramp door serta variasi model clevis. Tegangan maksimum terjadi pada saat kondisi ketika desain stern ramp door diberi beban kendaraan truk 16 ton, beban awal (roda bagian depan) dan kondisi stern ramp door 0 derajat. Tegangan sebesar 220,6 Mpa dan terletak pada node 9794 serta defleksi sebesar 2,214 mm. Tegangan minimum terjadi pada saat ketika desain stern ramp door diberi beban kendaraan mobil 4 ton, beban awal (roda bagian depan) dan kondisi stern ramp door 10 derajat dan ketika desain stern ramp door diberi beban kendaraan mobil 4 ton, beban awal (roda bagian depan) dan kondisi stern ramp door 350 derajat. Tegangan tersebut sebesar 122,8 Mpa dan defleksi sebesar 1,315 mm. Dari hasil tersebut maka model aman memenuhi kriteria BKI. Semua model bentuk clevis mempunyai safety factor diatas 1 yang artinya semua model clevis memenuhi kriteria dari BKI.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

naval

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal Jurusan Teknik Perkapalan yang berisi artikel karya ilmiah mahasiswa program Sarjana Teknik Perkapalan universitas ...