Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan
Vol 2, No 1 (2021)

PENERAPAN METODE JIGSAW II TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMK DARUL IHSAN

Khairunnas Khairunnas (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)
Khairan AR (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)
Mira Maisura (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)
Malahayati Malahayati (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Penelitian dimaksudkan untuk melihat pengingkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran jaringan dasar siswa kelas X-TKJ SMK Darul Ihsan Kabupaten Aceh Besar. Pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II. Sementara itu, teknik penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus proses pembelajaran. Sampel penelitian penulis ambil dari 20 siswa kelas X-TKJ, dengan proses pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Setelah dilakukan analisa deskriptif terhadap hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa penggunaan model pembelajaran jigsaw II dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa X-TKJ SMK Darul Ihsan, dengan persentase keaktifan sebesar 92.85%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalphi

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Physics Other

Description

Jurnal Phi teregistrasi dengan ISSN : 2549-7162 (daring) dan ISSN : 2460-4348 (cetak) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil riset dalam lingkung fisika dan pendidikan fisika yang berdampak pada pengetahuan dan teknologi. Kami tidak menerima tulisan yang masih berupa hasil pendahuluan atau ...