JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
Vol 4, No 1: April 2021

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Model Discovery Learning Untuk Siswa SMP/Mts

Tiara Yulandari (Universitas Riau)
Maimunah Maimunah (Universitas Riau)
Armis Armis (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
01 May 2021

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran matematika berbasis model discovery learning pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP/MTs. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4- D, yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan desseminate (penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen validitas dan praktikalitas. Instrumen validitas berupa lembar penilaian validasi untuk menilai kevalidan perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP dan LAS. Instrumen praktikalitas berupa angket respon siswa untuk menilai keterbacaan LAS. Perangkat pembelajaran yang sudah dikembangkan divalidasi oleh tiga validator. Uji coba kelompok kecil dilakukan pada siswa SMPN 8 Pekanbaru. Hasil analisis data kevalidan diperoleh nilai rata-rata untuk silabus, RPP dan LAS berturut-turut 3,78; 3,67; dan 3,59 yang dikategorikan sangat valid. Hasil analisis data kepraktisan LAS pada uji coba kelompok kecil adalah 3,72 dengan kategori sangat praktis. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran matematika berbasis model discovery learning pada materi bangun ruang sisi datar meliputi silabus, RPP dan LAS yang valid dan LAS yang praktis.Kata Kunci: Pengembangan; Perangkat Pembelajaran; Model Discovery Learning; 4-D. Abstract. This research to produce a product in the form mathematical learning devices using discovery learning model on polyhedron material of class VIII SMP/MTs. The development model used is the 4-D model namely define, design, develop, and disseminate. The research instrument used is validity instrument and practicality. The validity instrument is a validation assessment sheet to assess the validity of learning tools form of syllabus, lesson plans and student worksheet. The practical instrument is a student response questionnaire to assess the readability of the LAS. The mathematical learning devices developed are validated by three validators. Small group trials were carried out on students of SMPN 8 Pekanbaru. The results of the validity data analysis obtained an average value for the syllabus, lesson plans and LAS respectively 3,78; 3,67; and 3,59 which are categorized as very valid. The results of the practicality data analysis of LAS in the small group trial were 3,72 with the very practical category. This research and development produces a product that is a mathematical learning device using discovery learning model on polyhedron material which includes valid syllabus, lesson plan and student worksheets and practical worksheets.Keywords: Research and Development; Learning Devices; Discovery Learning Model; 4-D.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPIn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti ...