Journal of Islamic Education Research
Vol. 1 No. 3 (2020): Journal of Islamic Education Research

Formulasi Mutu Kurikulum Madrasah Unggulan Berbasis Pesantren di Jember

Arbain Nurdin (Institut Agama Islam Negeri Jember)
Akhmad Munir (Institut Agama Islam Negeri Jember)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2020

Abstract

Pentingnya reposisi pesantren dalam merespon perkembangan zaman dan tuntutan masyarakat, maka mau tidak mau pesantren harus mampu mengambil peran dan melakukan gerakan konstruktif dengan memformulasi sistem pendidikan pesantren dengan menyelenggarakan lembaga formal yang bermutu, salah satunya dengan mengadopsi filosofi dan pendekatan manajemen peningkatan mutu dengan tidak mengadopsi keseluruhan filosofinya yang mengutamakan kepentingan bisnis, yang pada umumnya banyak diterapkan di perusahaan yang mengejar keuntungan provit dari pada proses pemberdayaan moral, intelektual dan spiritual sehingga memiliki kematangan mental kepribadian. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep pemetaan kebutuhan kurikulum, formulasi kurikulum serta kebijakan operasionalisasi kurikulum di Madrasah Unggulan Berbasis Pesantren yaitu di MTs Unggulan Al Qodiri 1 Jember dan MTs Unggulan Nurul Islam 1 Jember. Sedangkan pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Hasil penelitiannya ialah Madrasah unggulan berbasis pesantren memetakan kurikulum berdasarkan visi misi pesantren dan madrasah itu sendiri, lalu memformulasi kurikulum dengan beberapa program kerja serta mengkomunikasikan setiap kebijakan kurikulum dengan pimpinan yayasan pesantren.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jier

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Islamic Education Research is a peer-reviewed journal on Islamic education. This journal encompasses original research articles and reviews articles. The focus of this journal is an attempt to actualize a better understanding of the science of Islamic Education, both locally and ...