Jurnal EMPATI
Jurnal Empati: Volume 10, Nomor 1, Tahun 2021 (Februari 2021)

HUBUNGAN ANTARA KEBERFUNGSIAN KELUARGA DENGAN PARENTING SELF-EFFICACY PADA IBU DENGAN ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD)

Wiwid Novita (Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro)
siswati Siswati (Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara keberfungsian keluarga dengan parenting self-efficacy. Keluarga yang dapat berfungsi secara efektif mampu mengembangkan parenting self-efficacy yang dimiliki oleh ibu dalam menghadapi tantangan proses pengasuhan. Subjek dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) di Kota Semarang. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 48 ibu. Pengumpulan data menggunakan dua model skala Likert yaitu Skala Parenting Self-Efficacy (27 aitem valid, α=0,926) dan Skala Keberfungsian Keluarga (29 aitem valid, α=0,940) yang telah diuji cobakan kepada 30 ibu yang memiliki anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD). Analisis data dengan menggunakan analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara keberfungsian keluarga dengan parenting self-efficacy yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi rxy=0,537 dengan signifikansi p=0,000 (p<0,05). Keberfungsian keluarga memberikan sumbangan efektif sebesar 28,9% terhadap parenting self-efficacy.   

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

empati

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal EMPATI is a scientific publication media that will be published six times a year in February, April, June, August, October, and December. Jurnal EMPATI is a scientific publication that accommodates scientific articles and empirical studies in Clinical Psychology, Developmental Psychology, ...