JOURNAL AGRIBUSINESS
Vol 10, No 2 (2016): AGRIBUSINESS JOURNAL

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA UNTUK BERWIRAUSAHA (Studi Kasus Mahasiswa AgribisnisUIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

Aditiya Yasmin (Program Studi Agribisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Mudatsir Najamuddin (Program Studi Agribisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Rizki Adi Puspita Sari (Program Studi Agribisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2022

Abstract

Kewirausahaan adalah potensi pembangunan, baik dalam jumlah dan kualitaskewirausahaan itu sendiri. Indonesia menghadapi kenyataan bahwa jumlahpengusaha masih kecil, sekitar 1,65% (Sumber: Berita Kementrian Koperasi danUsaha Kecil Dan Menengah, Maret 2015)), sedangkan dibutuhkan setidaknya 2%dari pengusaha untuk memungkinkan negara makmur . Penelitian ini dilakukandengan memasukkan tiga faktor yang mendorong tindakan (Teori PerilakuTerencana) yang diimplementasikan sebagai faktor pendukung aksikewirausahaan; sikap, norma subjektif, dan dirasakan kontrol perilaku. Jenismetode yang digunakan analisis kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesionerdan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier bergandadan menggunakan skala Likert untuk pengukuran. Populasi adalah mahasiswaAgribisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dari tahun 2008, 2009, 2010, 2011,dan 2012. Pengambilan sampel menggunakan proporsional stratified randomsampling. Ada 80 responden. Penelitian ini memiliki R square = 0.412. Hasilpenelitian menunjukkan: (1) sikap, norma subjektif, dan dirasakan kontrolperilaku yang mempengaruhi secara bersamaan untuk mendorong siswa untukmenjadi seorang entrepreneur (p <0,05) (2) Ada pengaruh positif (sebagian) dimasing-masing faktor : sikap (p <0,05), norma subjektif (p <0,05), dan dirasakankontrol perilaku (p <0,05) mempengaruhi siswa dalam berwirausaha.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

agribusiness

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Agribusiness Journal is a biannual and peer review journal published since June 1, 2007 by Study Program of Agribusiness, Faculty of Science and Technology, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Previously it has the name of Jurnal Agribisnis. Since 2017, it has been published with the name of ...