Jurnal Ekonomi
Vol 23, No 2 (2020)

STRATEGI PENGEMBANGAN ATRAKSI PENGOLAHAN RENDANG (MARANDANG) SEBAGAI DAYA TARIK WISATA GASTRONOMI DI KAMPUNG RENDANG KOTA PAYAKUMBUH

Ardy, Novit (Unknown)
Yulihasri, Yulihasri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

This study aims: (1) To determine the strengths and weaknesses of the rendang processing attraction (marandang) as a gastronomic tourism attraction in Kampung Rendang Payakumbuh City (2) To determine the opportunities and threats of rendang processing attractions (marandang) as a gastronomic tourist attraction in Rendang Village Payakumbuh City (3) To find out the strategy of developing rendang processing attractions (marandang) as a gastronomic tourism attraction in Rendang Village, Payakumbuh City by using SWOT Analysis. The results showed that the attraction of rendang processing (marandang) as a gastronomic tourism attraction in Rendang Kampung Payakumbuh City from the analysis of the SWOT matrix obtained quadrant coordinates I namely supporting aggressive strategies, which are in the most favorable situation, in other words marandang attractions have the opportunity and strength. The strategy that must be taken under these conditions is to support an aggressive growth policy or growth oriented strategy by utilizing the opportunities available and the internal strengths of Kampung Rendang, Payakumbuh City.Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan atraksi pengolahan rendang (marandang) sebagai daya tarik wisata gastronomi di Kampung Rendang Kota Payakumbuh (2) Untuk mengetahui peluang dan ancaman atraksi pengolahan rendang (marandang) sebagai daya tarik wisata gastronomi di Kampung Rendang Kota Payakumbuh (3) Untuk mengetahui strategi pengembangan atraksi pengolahan rendang (marandang) sebagai daya tarik wisata gastronomi di Kampung Rendang Kota Payakumbuh dengan menggunakan SWOT Analisys. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atraksi pengolahan rendang (marandang) sebagai daya tarik wisata gastronomi di Kampung Rendang Kota Payakumbuh dari hasil analisa pada matrik SWOT diperoleh koordinat kuadran I yakni mendukung strategi agresif, yaitu berada pada situasi yang paling menguntungkan, dengan kata lain atraksi marandang mempunyai peluang dan kekuatan. Strategi yang harus diambil dalam kondisi seperti ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif atau growth oriented strategy dengan memanfaatkan peluang yang ada serta kekuatan internal yang dimiliki Kampung Rendang Kota Payakumbuh.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi fokus pada penelitian ekonomi, isu-isu meliputi pengembangan ekonomi dan pengembangan keuangan regional, manajemen dan bisnis, akuntansi, dan pengetahuan ekonomi yang berfokus pada manajemen dan bisnis, pengembangan ekonomi, akuntansi, perusahaan milik negara, Perdagangan ...