Salah satu pendukung efektivitas proses belajar mengajar di kelas khususnya di Sekolah Dasar adalah pelibatan media pembelajaran. Salah satu media yang dapat menampilkan objek dalam bentuk dan ukuran yang lebih kecil dan mudah dibawa di dalam kelas adalah media tiga dimensi jenis diorama. Karena jenis media ini didesain berwujud benda asli atau miniature yang penyajiannya secara visual tiga dimensi. Sehingga diperlukan pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru dalam mengembangkan keterampilannya dalam mendesain media diorama sesuai dengan langkah-langkah pembuatan yang benar dan mencakup pembelajaran tematik. Metode kegiatan ini diawali dengan observasi lapangan dengan meninjau masalah yang dihadapi sekolah salah satunya temuan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran di kelas, selanjutnya menyusun rancangan pemecahan masalah melalui pelatihan pembuatan media diorama, dan tahap pelaksanaan. Kegiatan ini berlangsung selama 3 jam yang diikuti oleh guru Sekolah Dasar Negeri 1 Topa dengan diawali pemaparan materi seputar pemanfaatan media pembelajaran dan langkah pembuatan media diorama, selanjutnya praktik pembuatan media yang didampingi oleh narasumber. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan disambut baik oleh guru, ditandai dengan kemampuan guru dalam mendesain diorama secara kelompok dan mandiri sehingga memberikan pengalaman dan menambah khasanah keilmuan dalam pembuatan media pembelajaran diorama serta menumbuhkan motivasi guru dalam memenuhi kebutuhan siswa dan memberikan kemudahan kepada guru dalam mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa.
Copyrights © 2020