Jurnal Abdidas
Vol. 2 No. 1 (2021): February, Pages 1-160

Pemberdayaan Potensi Desa Kebon Raya Paciran Lamongan di Era New Normal

Mochamad Mochklas (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia)
Sjamsul Hidajat (Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia)
Nurullaili Mauliddah (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2021

Abstract

Kebon Raya salah satu di desa Paciran yang jumlah penduduk tidak terlalu banyak dibandingkan desa lainnya yang mata pencarian warga desa Kebon Raya sebagai petani memiliki sumber daya tanaman siwalan. Pendampingan di desa Kebon Raya bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat desa dengan mengembangkan potensi yang ada, yaitu tanaman siwalan. Dengan mengunakan pendekatan partisipatif masyarakat kegiatan ini memperdayakan potensi tanaman dengan membuat gula aren bubuk dan stik siwalan. Diambilnya gula aren bubuk dan stik siwalan sebagai disertifikasi usaha masyarakat desa Kebon Raya, karena mudah pembuatannya tidak membutuhkan teknologi tinggi. Agar kegiatan pengabdian masyarakat efektif mahasiswa dilibatkan dalam pendampingan dan pelatihan usaha pembuatan gula aren bubuk dan stik siwalan. Untuk terus memotivasi dan keterikatan secara emosional masyarakat terhadap kegiatan ini pasca kegiatan pendampingan pemberdayaan evaluasi dan monitoring baik secara offline maupun online.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

abdidas

Publisher

Subject

Education Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The focus and scope of the Abdidas Journal covers the results of research and community service in the field of education and health both conducted by teachers, lecturers, health workers and other independent ...