Psiko-Edukasi
Vol 18, No 1 (2020): Psiko Edukasi

KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS XI SMA KATOLIK RICCI II

Laurensia Laurianita Sari (Holy Angels School)
Caroline Lisa Setia Wati (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Pendidikan dan Bahasa, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Kemampuan komunikasi interpersonal adalah proses interaksi yang dilakukan antara dua orang atau lebih untuk menyampaikan pesan yang melibatkan individu sebagai pengirim pesan dan individu lain sebagai penerima pesan yang berguna untuk menjalin hubungan sosial yang positif. Kemampuan komunikasi interpersonal ditinjau dari membuka diri, membangun kepercayaan, mampu berkomunikasi secara verbal, mengungkapkan perasaan, saling menerima dan saling memberi dukungan, serta mampu memecahkan konflik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas XI SMA Katolik Ricci II. Subjek penelitian berjumlah dengan 46 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu skala penilaian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah product moment. Hasil uji coba instrumen diperoleh 54 pernyataan yang valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,954. Teknik pengolahan data dilakukan menggunakan rumus menghitung persentase dan menghitung rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas XI SMA Katolik Ricci II termasuk pada kategori tinggi. Berikut secara berurutan komponen komunikasi interpersonal tertinggi sampai terendah: komponen strategi mengatasi konflik, komponen saling menerima dan mendukung, yaitu komponen membangun kepercayaan, komponen membuka diri, komponen mengungkapkan perasaan, dan komponen berkomunikasi secara verbal.

Copyrights © 2020