LEMMA: Letters Of Mathematics Education
Vol 6, No 2 (2020): LEMMA : Letters of Mathematics Education

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BARISAN DAN DERET DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Zebua, Veronika (Unknown)
Rahmi, Rahmi (Unknown)
Yusri, Radhya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini membahas tentang banyaknya siswa yang mengerjakan soal matematika. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan jenis masalah siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis serta menganalisis faktor penyebabnya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah kelas XI MIPA 4 yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yang terdiri dari catatan lapangan, tes, wawancara dan dokumentasi. Data disusun dengan rubrik analitik skala 4 dan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan dilengkapi kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bagaimana menyelesaikan soal barisan dan deret siswa paling banyak melakukan kesalahan kesimpulan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of LEMMA is a journal of mathematics education result written by all academics such as teacher, lecturer, researcher who has done peneitian in mathematics education. ...