COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 4 No 1 (2017)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA

Hafitriani Rahayu (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, DIY, Indonesia 55281)
Joko Purwanto (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, DIY, Indonesia 55281)
Daimul Hasanah (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi kelas XI IPA MAN LAB UIN Yogyarta. Tes berupa soal pretest dan soal posttest digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif berupa tendensi sentral, ukuran dispersi serta Normalized Gain(N-Gain). Hasil analisa data menunjukkan nilai rata-rata skor posttest adalah 15,18 > rata-rata skor pretestyaitu4,64, serta standar deviasi skor posttestadalah 4,64> nilai standar deviasi skor pretestyaitu3,16. Peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dilihat dari skor N-gain, yaitu 0,359 dan memasuki kategori sedang. Maka dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran  PjBL berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...