COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 5 No 1 (2018): COMPTON

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA ANTARA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PREZI NEXT ONLINE DAN POWERPOINT 2007 POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS

Desyana Elvira Tes (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta.)
Sunarto Sunarto (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta.)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar fisika antara pembelajaran menggunakan prezi next online dan powerpoint 2007 pokok bahasan listrik dinamis. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain kelompok pretes-postes. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis menggunakan uji-t antar student. Hasil analisis data menunjukkan ada perbedaan yang sangat signifikan pada prestasi belajar fisika antara pembelajaran menggunakan Prezi Next online dan PowerPoint 2007 pokok bahasan listrik dinamis siswa kelas IX semester ganjil SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung = 2,848 dengan p = 0,007 < 0,01 dan rerata skor prestasi belajar fisika yang diajar menggunakan prezi next online yaitu 19,917 berada pada kategori tinggi dibandingkan dengan powerpoint 2007 yaitu 15,375 berada pada kategori sedang.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...