COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 5 No 2 (2018): COMPTON

PENGARUH SRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA

Aji Setiawan (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta.)
Sunarto Sunarto (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta.)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini secara korelatif bertujuan untuk mengetahui hubungan antara manajemen waktu belajar, intensitas pemberian pekerjaan rumah dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan di Seyegan Kabupaten Sleman D.I. Yogyakarta pada tahun akademik 2017/2018. Populasi penelitian ini termasuk siswa kelas X di semester genap SMK Negeri 1 Seyegan yang berjumlah 460 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling berjumlah 115 siswa menggunakan 25% dari populasi. Analisis data korelatif menggunakan analisis regresi berganda tiga prediktor diikuti oleh korelasi parsial. Hasil penelitian korelatif menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara manajemen waktu belajar, intensitas pemberian pekerjaan rumah dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar fisika. Nilai koefisiennya adalah R2 = 0,251. Kontribusi efektif dari ketiga prediktor adalah SE = 8,670% manajemen waktu belajar, intensitas memberikan pekerjaan rumah 7,624%, 8,844% perhatian orang tua dan kontribusi relatif 100%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...