Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management)
Vol. 10 No. 3 (2020): Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (JPSL)

Perubahan Penggunaan dan Tutupan Lahan, Serta Faktor Penyebabnya di Pulau Bengkalis, Provinsi Riau (periode 1990-2019)

Lila Juniyanti (Unknown)
Lilik Budi Prasetyo (Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor, Kampus IPB Darmaga Bogor, 16680, Indonesia)
Dwi Putra Aprianto (Program Studi Ilmu Pengelolaan Hutan, Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor, Kampus IPB Darmaga Bogor, 16680, Indonesia)
Herry Purnomo (Departemen Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor, Kampus IPB Darmaga Bogor, 16680, Indonesia)
Hariadi Kartodihardjo (Departemen Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor, Kampus IPB Darmaga Bogor, 16680, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2020

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara dengan perubahan tutupan lahan yang dinamis karena sumber perekonomian negara yang bersumber pada pengelolaan sumber daya berbasis lahan. Di sisi lain, pengelolaan tersebut berdampak negatif seperti konflik sosial dan kerusakan lingkungan. Penelitian ini mengamati pola perubahan tutupan lahan dan mengeksplorasi faktor pendorong penyebab perubahan tersebut pada periode 1990-2019 di Pulau Bengkalis, Indonesia untuk memantau dan menghasilkan informasi yang dapat digunakan sebagai dasar dalam meminimalkan perubahan tutupan lahan yang tidak terkendali. Penelitian ini dilakukan dengan mempelajari laporan dan penelitian sebelumnya, observasi, dan melaksanakan fokus grup diskusi dan wawancara mendalam. Penelitian ini menggunakan GIS dalam analisis perubahan tutupan dan penggunaan lahan multiwaktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tutupan hutan alam menurun tajam sejak tahun 1990. Setelah tahun 2000, area kebun campuran lebih luas dibandingkan dengan tutupan hutan alam. Luas areal perkebunan kelapa sawit dan hutan tanaman juga mulai meningkat. Program transmigrasi telah memicu pembukaan lahan besar-besaran di Pulau Bengkalis. Pembukaan lahan oleh transmigran dan krisis ekonomi mendorong pembukaan lahan yang lebih besar oleh transmigran spontan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpsl

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Earth & Planetary Sciences Environmental Science

Description

JPSL publishes articles in fields: Environmental Policy and Management, Disaster Mitigation, Regional Planning, Land Resources Evaluation, Hidrology, Systems Modelling and Sciences, Water Pollution, Air Pollution, Environmental Technology, Ecotourism, Biodiversity, Environmental Economics, Public ...