Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2020): Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan

Utilizing Spin Wheel To Enhance The Students Writing Ability In Writing Descriptive Text

Henry Elisa (STKIP Persada Khatulistiwa)
Umi Umayah (STKIP Persada Khatulistiwa)
Tuti Tuti (STKIP Persada Khatulistiwa)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2019

Abstract

Artikel ini menyajikan hasil dari penerapan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada mata kuliah menulis melalui pemanfaatan spin wheel untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi mahasiswa semester kedua pada program sarjana pendidikan bahasa Inggris di STKIP Persada Khatulistiwa serta peningkatan situasi pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilaksanakan melalui penerapan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdiri atas empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observsi, wawancara dan tes. Peneliti menggunakan kuesioner, panduan wawancara dan test sebagai alat pengumpulan data untuk penelitian ini. Data dianilisis menggunakan analisis deskriptif melalui beberapa tahap seperti pengumpulan data, pengkodean data, perbandingan data, interpretasi dan pelaporan hasil untuk memperoleh data kualitatif sedangkan statistik deskriptif digunakan untuk memperoleh data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan spin wheel dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dan situasi pembelajaran di kelas. Hal ini menunjukkan bahwa melalui pemanfatan media belajar tersebut telah terjadi peningkatan pada kemampuan menulis siswa dalam menulis teks deskriptif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

semnas2019

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Ruang Lingkup prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan meliputi bidang Pendidikan Sosial dan Budaya, Pendidikan Kesehatan, Pendidikan Sains dan Teknologi Terapan, Pendidikan Mitigasi Bencana, Pendidikan Karakter dan Kearifan Lokal, Pendidikan Literasi, Bahasa, Sastra dan Seni, ...