Dalam memhami suatu permasalahan siswa dilatih terus menerus agar memiliki keahlian dalam mamahami suatu masalah, untuk memahami suatu masalah yang perlu dilakukan yaitu: memahami isi suatu masalah, mencari solusi dari masalah, dan menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan agar dapat memahami serta memiliki keahlian untuk memecahkan masalah yang ada serta membangun rasa dan minat yang tinggi dalam menyelesaikan materi aritmatika sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu secara kualitatif melaui pendekatan terhadap siswa. Untuk mendapatkan data yang diiginkan peneliti menggukan tes kemampuan dasar kepada 35 siswa SMP dengan melakukan wawancara serta tes tertulis untuk mengetahui siswa mana yanng memiliki kemampuan dalam pemecahan masalah yang diberikan. Dari metode yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan masih sangat rendah kemampuan para siswa dalam memecahkan masalah. Siswa masih kesulitan dalam menafsirkan atau memahami masalah dan hanya beberapa yang mampu menyelesaikan serta membangun rasa kepercayaan diri dan tidak takut salah dalam mengerjakan soal aritmatika sosial.
Copyrights © 2021