Edunesia : jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2020)

Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Virus Di SMA

Asriani Asriani (Unknown)
Rufa Hera (STKIP Bina Bangsa Meulaboh)
Fetro Dola Syamsu (STKIP Bina Bangsa Meulaboh)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2020

Abstract

Abstract: The research aims to determine whether the concept map method can affect student learning outcomes in SMA 3 Seunagan. This type of research used in this research is quantitative research using sampling techniques using random sampling. The research instruments used in this study were pretest and posttest. the population in this study were all grade X students of SMA 3 Seunagan. The results show that the concept map learning method is effective on the learning outcomes of student biology on virus material in class X SMA Negeri 3 Seunagan. , 24 then Ho is accepted, so it can be concluded that Ho is rejected   Abstrak: Penelitian bertujuan Untuk mengetahui Apakah  metode  Peta Konsep dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 3 Seunagan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest dan posttest. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Seunagan. Hasil penelitian menunujukkan bahwa metode pembelajaran peta konsep efektif terhadap hasil belajar biologi siwa pada materi virus dikelas X SMA Negeri 3 Seunagan.Hal ini dapat dilihat dari hasil Pada perhitungan uji t untuk nilai selisih diperoleh thitung = 11,389  dengan demikian thitung > ttabel atau 11,389  > 2,24 maka Ho diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

As an National or international, multi-disciplinary, the scope of this journal is in education which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of education, learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical ...