cover
Contact Name
Arief Aulia Rahman
Contact Email
arief@edunesia.org
Phone
+6282321232302
Journal Mail Official
info@edunesia.org
Editorial Address
Street Alue Peunyareng No. 27B, Kp. Ranto Panyang Timur, Meulaboh City 23615, Aceh, Indonesia
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Edunesia : jurnal Ilmiah Pendidikan
Published by Natural Aceh
ISSN : 27225194     EISSN : 27227790     DOI : 10.51276
Core Subject : Education, Social,
As an National or international, multi-disciplinary, the scope of this journal is in education which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of education, learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to any age level, from infants to adults and to a diversity of learning and instructional settings, from laboratory experiments to field studies. The major criteria in the review and the selection process concerns the significance of the contribution to the area of learning and instruction. 1 Educational technology 2 Educational development 3 Learning and teaching 4 Curriculum development 5 Learning environment
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 270 Documents
The Analysis of Pedagogical Competence of The English Teachers’ of The Third Grade Students at SMA Negeri 3 Banda Aceh Rosdiana Rosdiana
Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : research, training and philanthropy institution Natural Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.193 KB) | DOI: 10.51276/edu.v1i2.30

Abstract

Abstract: This research tries to analyze the teacher’s pedagogical competence in Teaching English. There are six pedagogical competence that need to be mastered by a teacher. They are understanding the subject in English lesson, the ability in understanding the students, the ability in setting and implementing lesson plan and learning strategy, the ability in creating educational and dialogical learning which is interactive, utilizing the learning technology, and evaluating the learning outcomes. Thus, this research focus on the teacher’s pedagogical competence that consist of the six components. This research uses a descriptive qualitative approach and the researcher used observation, questionnaire, and document analysis as the method of collecting data. The objective of this research is to know whether the English teacher has all components in pedagogical competence and to know the students’ perpective on the teacher’s pedagogical competence. The result of research is the English teacher has all of the components of the pedagogical competence. Based on the observation, documentation analysis, and the data of questinnaire shows that the English teacher has the abilty in understanding the subject in English lesson, the ability in understanding the students, the ability in setting and implementing lesson plan and learning strategy, the ability in creating educational and dialogical learning which is interactive, utilizing the learning technology, and evaluating the learning outcomes. . Abstrak: Penelitian ini mencoba menganalisis kompetensi pedagogik guru dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Ada enam kompetensi pedagogik yang perlu dikuasai oleh seorang guru. Mereka memahami subjek dalam pelajaran bahasa Inggris, kemampuan dalam memahami siswa, kemampuan dalam menetapkan dan menerapkan rencana pelajaran dan strategi pembelajaran, kemampuan dalam menciptakan pembelajaran pendidikan dan dialogis yang interaktif, memanfaatkan teknologi pembelajaran, dan mengevaluasi hasil pembelajaran . Dengan demikian, penelitian ini fokus pada kompetensi pedagogik guru yang terdiri dari enam komponen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan peneliti menggunakan observasi, kuesioner, dan analisis dokumen sebagai metode pengumpulan data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah guru bahasa Inggris memiliki semua komponen dalam kompetensi pedagogis dan untuk mengetahui perspektif siswa tentang kompetensi pedagogis guru. Hasil penelitian adalah guru bahasa Inggris memiliki semua komponen kompetensi pedagogis. Berdasarkan pengamatan, analisis dokumentasi, dan data kuesioner menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris memiliki kemampuan dalam memahami subjek dalam pelajaran bahasa Inggris, kemampuan dalam memahami siswa, kemampuan dalam menetapkan dan menerapkan rencana pelajaran dan strategi pembelajaran, kemampuan dalam menciptakan pembelajaran pendidikan dan dialogis yang interaktif, memanfaatkan teknologi pembelajaran, dan mengevaluasi hasil pembelajaran
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Febry Fahreza; Nurjannah Nurjannah; Wandi Saputra
Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : research, training and philanthropy institution Natural Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.56 KB) | DOI: 10.51276/edu.v1i2.32

Abstract

Abstract: This study aims to determine the improvement of student learning outcomes through NHT model the theme of caring for living creatures in class IV SDN Peunaga Cut Ujong. The approach used is a qualitative approach. This type of research is classroom action research. Subjects taken in this study were 24 students. The object of this research is to increase student learning outcomes through NHT type of cooperative learning model. The study design consisted of planning, implementing, observing, and reflecting. The data collection techniques used in this study are observatio, tests and documentation. The instruments in this study were observation sheets, test sheets, and validation sheets. The results obtained in the pre-action number of students who completed only 3 students or 15% of 20 students, and after applying the NHT model cycle I student learning outcomes increased but not yet maximum, the number of students who scored above the KKM only 11 people students or 55%, So that the second cycle needs to be held, after the implementation of the second cycle the student learning outcomes have increased and have reached the specified target then the cycle is stopped, where the number of students who have reached 18 people or 90% of the total number of students   Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model NHT tema peduli terhadap makhluk hidup siswa kelas IV SDN Peunaga Cut Ujong. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa 24 orang. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Rancangan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokementasi. Intrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar  tes, dan lembar validasi. Hasil penelitian yang diperoleh pada pra tindakan jumlah siswa yang tuntas hanya 3 orang siswa atau 15% dari 20 orang siswa, dan sesudah menerapkan penerapan model NHT siklus I hasil belajar siswa meningkat namun belum maksimal, jumlah siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM baru 11 orang siswa atau 55%, Sehingga perlu diadakan siklus II, setelah pelaksanaan siklus II hasil belajar siswa terjadi peningkatan dan sudah mencapai target yang telah ditentukan maka siklus dihentikan, dimana jumlah siswa yang tuntas mencapai 18 orang atau 90% dari jumlah siswa secara keseluruhan.
Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Celengan Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV SD Kiki Aristia; Cut Eva Nasryah; Arief Aulia Rahman
Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : research, training and philanthropy institution Natural Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.173 KB) | DOI: 10.51276/edu.v1i2.33

Abstract

Abstract: This study aims to determine the effectiveness of the use of piggy learning media to improve student learning outcomes with the theme of caring for sentient beings in grade IV SD Peunaga Cut Ujong. The research approach used in this research is qualitative research. This type of research is classroom action research. The design of the research implementation consists of planning, implementing, observing, and reflecting. Data collection techniques in this study were observation, testing, and documentation. The instruments in this study were the observation sheet, test sheet, and validation sheet. Data processing techniques using the percentage formula. The results of this study were obtained in the pre-action percentage of the number of students who completed only 4 students or 20% of 20 students, and after the use of learning media piggy bank picture cycle I student learning outcomes increased but not yet maximum, the percentage of the number of students who got grades above KKM there were only 11 students or 55%. So that the second cycle needs to be held, after the implementation of the second cycle of student learning outcomes there is a very significant improvement and has reached the target that has been determined then the cycle is stopped, where the percentage of students who complete reaches 18 people or 90% of the total number of students. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran celengan gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema peduli terhadap makhluk hidup kelas IV SDN Peunaga Cut Ujong. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan pelaksanaan penelitian terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar tes, dan lembar validasi. Teknik pengolahan data dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini yang diperoleh pada pra tindakan persentase jumlah siswa yang tuntas hanya 4 orang siswa atau 20% dari 20 orang siswa, dan sesudah penggunaan media pembelajaran celengan gambar siklus I hasil belajar siswa meningkat namun belum maksimal, persentase jumlah siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM baru 11 orang siswa atau 55%. Sehingga perlu diadakan siklus II, setelah pelaksanaan siklus II hasil belajar siswa terjadi peningkatan yang sangat signifikan dan sudah mencapai target yang telah ditentukan maka siklus dihentikan, dimana persentase jumlah siswa yang tuntas mencapai 18 orang atau 90% dari jumlah siswa secara keseluruhan.
Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bernuansa Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Desi Widiyanti; Khairil Hadi
Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : research, training and philanthropy institution Natural Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.395 KB) | DOI: 10.51276/edu.v1i2.34

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to determine the results of the development of LKS nuanced quantum teaching and increased student interest and learning outcomes. This research uses educational development method with 4D Models Thiagarajan, but only consists of 3 (three) stages, namely the defining stage, the planning stage, and the developing and disseminating stages. The population and sample are grade IV students. Data collection instruments used consisted of LKS validation sheets, teacher and student response questionnaires, student interest questionnaires, student interest observation sheets, pretest and posttest. Data analysis uses a Likert scale by changing quantitative values ​​into qualitative values. The results of this study note that the results of the product development in the field of quantum teaching have a very good category so that it is feasible to be used as teaching material in science lessons. Students are very interested in the product development of LKS nuanced quantum teaching as the results of the average percentage of students' interest in LKS is 85.42%. The results of LKS development products have been able to improve student learning outcomes as the results of the average percentage of pretest practice questions by 51.94% and in posttest practice questions by 73.78%.   Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengembangan LKS bernuansa quantum teaching dan peningkatan minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan pendidikan dengan 4D Models Thiagarajan, tapi hanya terdiri dari 3 (tiga) tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), dan tahap pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Populasi dan sampel adalah siswa kelas IV. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari lembar validasi LKS, angket respon guru dan siswa, angket minat siswa, lembar observasi minat siswa, pretes dan postes. Analisis data menggunakan skala likert dengan mengubah nilai kuantitatif menjadi nilai kualitatif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa hasil produk pengembangan LKS bernuansa quantum teaching memiliki kategori sangat baik sehingga layak untuk digunakan sebagai bahan ajar pada pelajaran IPA. Siswa sangat berminat terhadap produk pengembangan LKS bernuansa quantum teaching sebagaimana hasil persentase rata-rata minat siswa terhadap LKS yaitu 85,42 %. Hasil produk pengembangan LKS telah dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebagaimana hasil persentase rata-rata soal latihan pretest sebesar 51,94 % dan pada soal latihan postest sebesar 73,78 %.
Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Virus Di SMA Asriani Asriani; Rufa Hera; Fetro Dola Syamsu
Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : research, training and philanthropy institution Natural Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.106 KB) | DOI: 10.51276/edu.v1i2.35

Abstract

Abstract: The research aims to determine whether the concept map method can affect student learning outcomes in SMA 3 Seunagan. This type of research used in this research is quantitative research using sampling techniques using random sampling. The research instruments used in this study were pretest and posttest. the population in this study were all grade X students of SMA 3 Seunagan. The results show that the concept map learning method is effective on the learning outcomes of student biology on virus material in class X SMA Negeri 3 Seunagan. , 24 then Ho is accepted, so it can be concluded that Ho is rejected   Abstrak: Penelitian bertujuan Untuk mengetahui Apakah  metode  Peta Konsep dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 3 Seunagan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest dan posttest. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Seunagan. Hasil penelitian menunujukkan bahwa metode pembelajaran peta konsep efektif terhadap hasil belajar biologi siwa pada materi virus dikelas X SMA Negeri 3 Seunagan.Hal ini dapat dilihat dari hasil Pada perhitungan uji t untuk nilai selisih diperoleh thitung = 11,389  dengan demikian thitung > ttabel atau 11,389  > 2,24 maka Ho diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak.
Analisis Letak Kesalahan Jawaban Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLTV Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Berbasis Newman Di Kelas X SMA Ayu Ariska; Arief Aulia Rahman
Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : research, training and philanthropy institution Natural Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.69 KB) | DOI: 10.51276/edu.v1i1.43

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Letak kesalahan Jawaban Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Berbasis Newman, dan (2) mengetahui penyebab kesulitan belajar yang dilihat dari letak kesalahan jawaban siswa melalui pendekatan scientific Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. penelitian ini menggunakan analisis newman untuk melihat letak kesalahan jawaban siswa yang ditinjau dari : (1) kesalahan membaca (2) kesalahan memahami, (3) kesalahan transformasi, (4) kesalahan keterampilan proses, (5) kesalahan penulisan jawaban. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti diperoleh data bahwa 50% siswa masih memiliki kesulitan dalam menyelesaikan soal yang sangat rendah. Penyebab terjadinya kesalahan dalam belajar yaitu: (1) kurang konsentrasi dalam belajar. (2) siswa kurang memahami soal-soal yang diberikan oleh guru dan kurang teliti dalam mengerjakannya, (3) Pendekatan yang diberikan guru kurang bervariasi, (4) waktu yang diberikan guru untuk mengerjakan soal terlalu singkat. Untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaiakan soal yaitu; (1) guru harus membuat pembelajaran yang lebih bervariasi sehingga siswa tidak bosan, (2) guru harus memberikan perhatian kepada siswa yang malas belajar, (3) memberikan motivasi kepada siswa terkait pembelajaran, dan kepada guru bidang studi matematika dapat menggunakan pendekatan scientific dengan proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik dapat aktif
Pengembangan Media Pembelajaran Pop – Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Melin Sri Ulfa; Cut Eva Nasryah
Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : research, training and philanthropy institution Natural Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.125 KB) | DOI: 10.51276/edu.v1i1.44

Abstract

Penelitian ini bertujuan, 1) mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran pop – up book untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, 2) untuk mendeskripsikan apakah pengembangan media pembelajaran pop – up book efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada tema 6 subtema 1 keanekaragaman hewan dan tumbuhan kelas IV di SD Negeri Ujong Tanjong. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan prosedural penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall. Instrument dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi, serta lembar angket respon siswa dan angket respon guru, semua motivasi belajar dari setiap siswa terlihat lebih meningkat selama proses pembelajaran menggunakan media pop – up berlangsung, hal itu dapat dilihat dari angket respon siswa. Media pembelajaran pop – up book ini dibuat menggunakan PicsArt Photo Studio dan Microsoft Word 2010. Berdasarkan analisis data penilaian ahli media sebesar 3,33 dengan kategori “valid”, penilaian ahli materi sebesar 3,60 dengan kategori “valid”, penilaian respon tenaga pendidik sebesar 3,60 dengan kategori “valid”, penilaian respon peserta didik pada uji coba I sebesar 95,8% dengan kategori “sangat baik” dan pada uji voba II sebesar 98,3% dengan kriteria “sangat baik”. Sehingga pop – up book materi keanekaragaman hewan dan tumbuhan memenuhi kriteria untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE/CRITICAL THINGKING (DD/CT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS X SMA Irma Dhia Saifina; Henra Saputra Tanjung
Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : research, training and philanthropy institution Natural Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.783 KB) | DOI: 10.51276/edu.v1i1.45

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran deep dialogue/critical thingking terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMAN 1 Meurebo. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh kelas X SMAN 1 Meurebo dan sampelnya adalah peserta didik kelas X MIA1 sebagai kelas yang diberikan model pembelajaran deep dialogue critical thingking. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi guru, lembar observasi siswa, pedoman wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan yaitu 65% antara model pembelajaran deep dialogue critical thingking terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Setelah didapat nilai a dan b maka persamaan regresi liniernya yaitu. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan untuk menguji hipotesis yang diterapkan maka nilai dari t hitung yaitu 4,01. Apabila dibandingkan dengan taraf kepercayaan 95% atau tingkat kesalahan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 24 - 2 = 22 yaitu 1,72. Dapat diketahui bahwa t hitung ˃ t tabel yakni 4,01 ˃ 1,72 berarti H1 diterima. Artinya, apabila guru menggunakan model pembelajaran deep dialogue critical thingking dalam proses belajar mengajar maka kemampuan pemahaman konsep siswa kelas X MIA1 SMAN 1 Meurebo pada materi pokok persamaan nilai mutlak linier satu variable akan lebih baik.
Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Numbered Heads Together Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Pada Kelas XI IPS Di MAN Nursiah Nursiah; Dian Kristanti
Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : research, training and philanthropy institution Natural Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.487 KB) | DOI: 10.51276/edu.v1i1.46

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran matematika sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa, hal ini ditandai dengan kebiasaan siswa di kelas tidak antusias saat pembelajaran, juga cara mengajar guru yang monoton atau hanya menggunakan metode ceramah saja. Penelitian ini ditujukan pada penerapan model Numbered Heads Together dan menggunakan model pembelajaran langsung lalu dibandingkan hasil belajar antara kedua model tersebut. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif sedangkan jenisnya adalah Quasi Eksperimental dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN Meulaboh-1, sedangkan sampel penelitiannya berjumlah 20 siswa untuk kelas eksperimen yang berasal dari kelas XI IPS-1 dan 20 siswa untuk kelas kontrol yang berasal dari kelas XI IPS-2. Setelah peneliti melakukan penelitian dan memperoleh data, selanjutnya peneliti menganalisis data dengan menggunakan uji-t sehingga dapat diketahui bahwa adanya perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Numbered Heads Together dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung dengan nilai thitung > ttabel yaitu 3,47 > 2,02 pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Heads Together tidak sama dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung pada materi turunan di kelas XI MAN Meulaboh-1.
Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Savi Dan Pendekatan Mekanistik Pada Materi Kubus Dan Balok Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Fitri Juwina; Yuli Amalia
Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : research, training and philanthropy institution Natural Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.986 KB) | DOI: 10.51276/edu.v1i1.47

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan pendekatan SAVI lebih efektif dari pada pendekatan mekanistik pada materi kubus dan balok terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Meulaboh. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Meulaboh dan sampelnya adalah seluruh siswa dari kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI dan seluruh siswa dari kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan mekanistik. Sampel dari penelitian ini di ambil dengan teknik purposive sample. Instrument penelitian yang diberikan berupa tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Uji-t. Hasil dari penelitian ini dengan menunjukkan bahwa skor prestasi belajar matematika siswa sesudah diberikan perlakuan lebih tinggi dari pada sebelum diberikan perlakuan dengan menggunakan pendekatan SAVI dan pendekatan mekanistik. Akan tetapi hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Uji-t yang dilakukan terhadap hasil tes awal dan tes akhir menunjukkan adanya perbedaan hasil yang cukup signifikan antara siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI dengan yang menggunakan pendekatan pembelajaran mekanistik. karena = 1,68 atau = 6,42

Page 1 of 27 | Total Record : 270