Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Asera. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Asera yang terdistribusi dalam 3 kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Dari cara tersebut, dipilih dua kelas sebagai sampel, yakni kelas XI IPA3 sebagai kelas eksperimen yang diajar denganĀ model pembelajaran SSCS dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran PBL. Desain penelitian menggunakan posttest-only control design. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan tes pemecahan masalah matematis berbentuk soal uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulsn tidak terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Asera.
Copyrights © 2020