Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2020)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WADAGA

Wa Ode Andriasa (Universitas Halu Oleo)
Mohamad Salam (Universitas Halu Oleo)
Utu Rahim (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Wadaga”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang dilakukan dengan tujuan: (1) untuk mengetahui deskripsi hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wadaga yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, (2) untuk mengetahui deskripsi hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wadaga yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung, (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wadaga. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukan bahwa: (1) Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah adalah 65,73, (2) Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung adalah 55,41, dan (3) Model Pembelajaran Berbasis Masalah memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wadaga.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...