Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 8, No 3 (2020)

PENGARUH VARIASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 4 KENDARI

Hajrah Hajrah (Universitas Halu Oleo)
Zamsir Zamsir (Universitas Halu Oleo)
Mohammad Salam (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari yang terdiri dari 11 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan yaitu: (1) aktivitas belajar siswa dengan menggunakan variasi model pembelajaran  problem based learning dan discovery learning  tergolong sangat baik, (2) aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran  discovery learning  tergolong sangat baik, (3) hasil belajar matematika siswa untuk kelas yang diajar dengan menggunakan variasi model pembelajaran problem based learning dan discovery learning memiliki nilai maksimum 90, nilai mean 76.91, (4)  hasil belajar matematika siswa untuk kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning  memiliki nilai mean 74.79, (5) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan variasi model pembelajaran problem based learning dan discovery learning secara signifikan lebih tinggi dibandingkan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran discovery learning

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...