Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2020)

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 KENDARI

Tanti Tanti (Universitas Halu Oleo)
Utu Rahim (Universitas Halu Oleo)
Hafiludin Samparadja (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa  kelas VII SMP Negeri 14 Kendari. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kendari yang terdistribusi dalam 5 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VII3 sebagai kelas ekperimen yang diterapkan model PBL dan kelas VII5 sebagai kelas kontrol yang diterapkan model Pembelajaran Langsung. Desain penelitian menggunakan rancangan Posttest Only Control Group Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasakan hasil penelitian, diperoleh kesimplan tedapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap   kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VII SMP Negeri 14 Kendari.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...