Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan the randomized posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Konawe. Penentuan sampel dengan teknik purposive sampling diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) persentase keberhasilan pembelajaran oleh guru berturut-turut dikelas eksperimen adalah 96%, 94%, 98%, 98%, 99%, 96%, dan 94%; persentase keaktifan siswa berturut-turut adalah 97%, 94%, 95%, 97%, 97%, 100%, dan 98%; (2) persentase keberhasilan pembelajaran oleh guru berturut-turut dikelas kontrol adalah 90%, 91,25%, 95%, 97,5%, 100%, 97,5%, dan 95%; persentase keaktifan siswa berturut-turut adalah 87,5%, 91,25%, 93,75%, 96,25%, 100%, 97,5%, dan 98,75%; (3) rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan model TPS adalah 68,64; (4) rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran langsung adalah 39,56; (5) terdapat pengaruh signifikan penggunaan model TPS terhadap hasil belajar matematika siswa
Copyrights © 2021