Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 9, No 1 (2021)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 3 KONAWE

Sri Risky Manurani (Universitas Halu Oleo)
Hasnawati Hasnawati (Universitas Halu oleo)
Mustamin Anggo (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan the randomized posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Konawe. Penentuan sampel dengan teknik purposive sampling diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) persentase keberhasilan pembelajaran oleh guru berturut-turut dikelas eksperimen adalah 96%, 94%, 98%, 98%, 99%, 96%, dan 94%; persentase keaktifan siswa berturut-turut adalah 97%, 94%, 95%, 97%, 97%, 100%, dan 98%; (2) persentase keberhasilan pembelajaran oleh guru berturut-turut dikelas kontrol adalah 90%, 91,25%, 95%, 97,5%, 100%, 97,5%, dan 95%; persentase keaktifan siswa berturut-turut adalah 87,5%, 91,25%, 93,75%, 96,25%, 100%, 97,5%, dan 98,75%; (3) rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan model TPS adalah 68,64; (4) rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran langsung adalah 39,56; (5) terdapat pengaruh signifikan penggunaan model TPS terhadap hasil belajar matematika siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...