Penelitian ini bertujuan untuk : pengaruh penerapan Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) media video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Unaaha yang terdiri dari dua kelas yang bertindak sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) media video pembelajaran, sedangkan kelas kontrol Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) selama empat kali pertemuan. Tes pemahaman matematis pada materi Perbandingan terdiri dai 5 item soal dengan koefisien reliabilitas 0.7. Berdasarkan hasil analisis inferensial ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) media video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Siswa juga menunjukkan sikap positif terhadap penggunaan media video pembelajaran.
Copyrights © 2020