MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 7 No 2 (2020): Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Analisis Butir Soal Matematika Berdasarkan Aspek Kognitif TIMSS

Aprilia Harisa Patandean (SMP YPK Merauke)
Markus Palobo (Universitas Musamus)
Oswaldus Dadi (Universitas Musamus)



Article Info

Publish Date
07 May 2021

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui persentase aspek kognitif TIMSS pada buku siswa matematika semester 1 kurikulum 2013 (edisi revisi 2017) SMP kelas VIII pada soal uji kompetensi yang terdiri dari 240 butir soal yang dianalisis berupa pilihan ganda 125 butir soal dan esai 115 butir soal. Penelitian ini merupakan penelitian studi dokumen yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang didasarkan pada analisis dokumen secara mendalam dan komprehensif. Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis butir soal yang ditinjau dari aspek kognitif TIMSS menujukkan bahwa dari 240 butir soal yang dianalisis terdapat 27 butir soal yang masuk dalam aspek pengetahuan dengan besar persentase 11,25%, 136 butir soal merupakan aspek penerapan dengan besar persentase 56,67% dan terdapat 77 butir soal yang merupakan aspek penalaran dengan besar persentase 32,08% sehingga soal yang paling dominan dalam buku tersebut adalah aspek penerapan yaitu sebesar 56,67%

Copyrights © 2020