EDUTECH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol 7, No 1 (2021): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Zainal Aziz (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Indra Prasetia (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model creative problem solving efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertempat di SMP Al- Hidayah Medan. Subjek Penelitian ini adalah siswa SMP Al-Hidayah Medan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Keberhasilan penerapan model creative problem solving tercapai setelah diterapkannya tiga siklus. Penyebab kurangnya cara berpikir siswa pada tahap awal sebelum diterapkannya model creative problem solving adalah siswa kurang aktif dan kurang termotivasi dalam proses pembelajaran sehingga hanya ada beberapa orang yang mengerjakan soal yang diberikan guru. Hasil tindakan pada siklus pertama diperoleh hasil kemampuan berpikir kreatif siswa secara umum mencapai rata –rata 57,91% dengan kategori cukup. Pada siklus kedua, kemampuan siswa meningkat mencapai rata-rata 67,66% dan pada siklus ketiga telah menunjukkan hasil peningkatan yang memuaskan dengan rata-rata 81,41% dengan kategori baik

Copyrights © 2021