Jurnal Ilmiah Giga
Vol 23, No 1 (2020): Volume 23 Edisi 1 Tahun 2020

Uji Banding Citra Film Terhadap Computed Radiography (CR)

Febria Anita (Program Studi Fisika, Universitas Nasional, Jl. Sawo Manila, Pejaten, Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520)
Desty Anggita Tunggadewi (Program Studi Fisika, Universitas Nasional, Jl. Sawo Manila, Pejaten, Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan karakteristik citra imagingdengan film melalui pengolahan citra dari keluaran pesawat computed radiography(CR) menggunakan pengolahan citra digital. Dari nilai densitas yang dihasilkanpada CR tampak pada grafik menunjukkan CR lebih linier dibandingkan film. Padapenggunaan faktor eksposi dengan tegangan 80kV 20 mAs CR masih bisamengkonstruksi citra sedangkan pada film sudah tidak mengkonstruksi citra denganOD lebih dari 3,52. Penggunaan faktor eksposi dengan tegangan tetap menghasilkannilai deviasi menurun pada setiap step, untuk penggunaan arus tetap nilai deviasimengalami kenaikan. Pada kondisi tinggi film radiografi sudah tidak bisamengkonstruksi densitas citra.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

giga

Publisher

Subject

Education

Description

GIGA Scientific Journals is a scientific publication from research and literature study which are conducted by undergraduate, graduate, doctoral student, researchers and lecturers to be published widely and can be utilized as widely as possible for the advancement of science and technology at ...