JURNAL STANDARDISASI
Vol 12, No 2 (2010): Vol. 12(2) 2010

ANALISIS PENELUSURAN DAN PEREKAMAN TEKNIK PENGELOLAAN LAHAN UNTUK STANDARDISASI KEGIATAN PRODUKSI KOMODITAS AGROFORESTRI LOKAL

Hilmanto, Rudi ( Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Lampung Jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2013

Abstract

Standardisasi saat ini mampu meningkatkan nilai jual komoditas-komoditas agroforestri dan suatu usaha melakukan perlindungan non tarif terhadap komoditas-komoditas lokal yang diperdagangkan untuk menghadapi kesepakatan perdagangan bebas (Free Trade Agreement). Standardisasi kegiatan produksi komoditas agroforestri lokal, diharapkan mampu membangun-memperkuat komoditas-komoditas yang dihasilkan dan mempunyai pasar yang diminati oleh masyarakat di dalam maupun di luar negeri, hal ini karena dengan dilakukannya standardisasi memberikan jaminan kepada masyarakat lokal dan dunia bahwa akitivitas agroforestri yang dilakukan masyarakat lokal menghasilkan komoditas yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis penelusuran dan perekaman teknik pengelolaan lahan dalam bentuk model Local Ecological Knowledge (LEK) untuk standardisasi kegiatan produksi komoditas agroforestri yang dihasilkan oleh masyarakat lokal. Metode penelitian ini menggunakan Knowledge Base Creation dengan bantuan program komputer Agroecological Knowledge Toolkit 5 (AKT 5). Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik pengelolaan lahan memiliki Delapan model LEK yang dilakukan oleh masyarakat lokal untuk dilakukan standardisasi kegiatan produksi komoditas agroforestri lokal. Delapan model tersebut yaitu: pengolahan tanah dan sistem drainase, penanaman, pergiliran tanaman, pemupukan, penyiraman, penyiangan, pemangkasan, dan pengendalian hama-penyakit. Hasil penelusuran dan perekaman menunjukan bahwa komoditas-komoditas yang terbaik bagi lingkungan, makhluk hidup, produksi, dan pendapatan masyarakat berasal dari teknik pengelolaan lahan yang dilakukan oleh masyarakat lokal yaitu teknik pengelolaan lahan yang berharmoni dengan alam.

Copyrights © 2010