Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 20, No 2 (2020)

Studi Butir Soal IPA Pokok Bahasan Biologi di SMP Tentang Keterampilan Menjelaskan Fenomena Secara Ilmiah

Ilannur, Atini (Unknown)
Wulan, Ana Ratna (Unknown)
Diana, Sariwulan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2020

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menelaah butir soal IPA pokok bahasan Biologi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Bandung mengenai keterampilan menjelaskan fenomena secara ilmiah. Penelitian ini memakai metode studi deskriptif melalui pengumpulan soal Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semeseter (PAS) dari enam sekolah di Kota Bandung yang dipilih secara stratified random sampling dengan kategori baik, cukup dan kurang. Sebanyak 267 soal IPA pokok bahasan Biologi dari enam SMP di Kota Bandung terkumpul. Soal ditelaah menggunakan indikator keterampilan menjelaskan fenomena secara ilmiah yang terdapat pada framework PISA 2018. Hasil telaah menunjukkan bahwa hanya sebagian kecil (1,86%) butir soal dari enam SMP kota Bandung yang memuat keterampilan menjelaskan fenomena secara ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan butir soal yang digunakan cenderung langsung menanyakan penguasaan konsep siswa dan tidak menyajikan data/informasi yang perlu diselidiki siswa pada stem soal. Sebagian besar soal yang disajikan berupa hapalan materi sehingga kurang menuntut siswa untuk berpikir tingkat tinggi dan bernalar.

Copyrights © 2020