JURNAL PENDIDIKAN KEPERAWATAN INDONESIA
Vol 6, No 2 (2020): VOL 6, NO 2 (2020)

Efektifitas Pembelajaran JIGSAW terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Mata Kuliah Keperawatan Anak

Asthiningsih, Ni Wayan Wiwin (Unknown)
Fitriani, Dwi Rahmah (Unknown)
Budiman, Arief (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2020

Abstract

ABSTRAKKemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah Keperawatan Anak masih rendah terutama jika mahasiswa dihadapkan pada materi pembelajaran yang membahas kasus-kasus pada anak yang sering terjadi di Rumah Sakit. Banyak faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut, diantaranya adalah metode belajar yang digunakan dosen masih konvensional dan monoton sehingga mahasiswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah Keperawatan Anak.Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester 4 Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Sampel penelitiandiambil dua kelas dengan teknik multiple sampling dan penentuan kedua kelas dipilih secara random. Mahasiswa yang berada pada kelompok kontrol (n=51) dan kelompok Jigsaw (n=52). Instrumen penelitian yang digunakan untuk menilai kemampuan berpikir kritis mahasiswa adalah CTDSRF dan lembar observasi. Data yang diperoleh dilakukan uji normalitas dengan menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan dianalisis menggunakan Mann-Whitney karena data berdistribusi tidak normal. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney diperoleh  bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0.006 0.05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran Jigsaw dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah Keperawatan Anak. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis kelompok eksperimen (Jigsaw) lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dengan adanya perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Jigsaw berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah Keperawatan Anak.Metode pembelajaran Jigsaw ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran tidak hanya pada mata kuliah Keperawatan anak saja tetapi pada mata kuliah yang lain agar mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam menganalisis kasus. ABSTRACTStudents' critical thinking skills in pediatric nursing courses are still low, especially if students are faced with learning material that discusses cases in children that often occur in hospitals. Many factors can cause this, namely, the learning methods used by teachers are still conventional and monotonous so that students are less active in the learning process. This study aimed to know the effectiveness of Jigsaw learning on students' critical thinking skills in the Pediatric Nursing course. The population of this research was the 4th-semester students of Nursing Science Study Program at Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. The sample of the study was taken two classes with multiple sampling techniques and the determination of both classes was chosen randomly. Students in the control group (n = 51) and the Jigsaw group (n = 52). The research instrument used to assess students` critical thinking skill is CTDSRF and observation sheet. The data obtained were tested for normality using Kolmogorov-Smirnov and analyzed using Mann-Whitney because the data were not normally distributed. Based on the Mann-Whitney test results obtained Sig. (2-tailed) 0.006 0.05, which means that there is a significant difference between Jigsaw learning and conventional learning on students' critical thinking skills in the Pediatric Nursing course. This showed that the critical thinking ability of the experimental group (Jigsaw) is better than the control group. With the average difference in critical thinking skills in the Pediatric Nursing courses. This Jigsaw learning method can be used in the learning process, not only in the Pediatric Nursing course but also in other subject, so that students are able to develop critical thinking skills in analyzing cases.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPKI

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia(JPKI) merupakan sarana pengembangan dan publikasi karya ilmiah bagi para peneliti, dosen dan praktisi keperawatan dan kesehatan. JPKI adalah jurnal cetak dan elektronik dengan sistem open access journal. JPKI menerbitkan artikel-artikel dalam lingkup ...