Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement)
Vol 6, No 4 (2020): Desember

Reframing dan Teh Herbal Rosela sebagai Terapi Antihipertensi di Klumprit, Sukoharjo

Noviana Dewi (Program Studi Teknologi Laboratorium Medis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nasional, Surakarta)
Fitria Diniah Janah Sayekti (Program Studi Teknologi Laboratorium Medis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nasional, Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit tidak menular yang dapat menyebabkan kematian. Namun penyakit ini belum teratasi dengan baik karena tidak menunjukkan gejala yang spesifik. Kegiatan bakti ini bertujuan untuk mengedukasi lansia tentang mengantisipasi hipertensi secara mandiri. Edukasi dilakukan secara promotif dengan memberikan penyuluhan dan diskusi tanya jawab terkait hipertensi dan bahayanya; preventif dengan pemeriksaan kesehatan yang meliputi pemeriksaan tekanan darah, gula darah dan kolesterol disertai informasi angka normal dan anjuran pentingnya pemeriksaan berkala, secara kuratif dengan mengolah kelopak bunga rosella yang telah dikeringkan sebagai teh herbal antihipertensi; secara rehabilitasi dengan membingkai ulang pelatihan terapi untuk mengurangi tingkat stres dengan mengubah pikiran negatif menjadi pikiran positif. Hasil pengolahan pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan rata-rata dari 54,74 menjadi 84,71 yang berarti pengetahuan peserta tentang hipertensi dan pengobatannya meningkat. Hasil analisis menggunakan uji-t berpasangan menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), with registered number ISSN 2460-9447 (print), ISSN 2541-5883 (online) is a scientific multidisciplinary journal published by Directorate of Community Services Universitas Gadjah Mada. It is in the national level that ...