Jurnal Cakrawala Pendas
Vol 7, No 1 (2021): January

KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR MELALUI PENERAPAN METODE DRILL

Suratman S (STKIP Taman Siswa Bima)
Ilyas I (STKIP Taman Siswa Bima)
Mariamah M (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Kemampuan menulis sangat penting untuk dimiliki serta kegiatan menulis dapat dijadikan sebagai budaya, sebab dengan kemampuan tersebut seseorang dapat menuangkan ide-ide dan gagasan dengan sistematis dan runtun dalam bentuk karya ilmiah, serta dapat memperluas cakrawala dan mendorong penulis untuk meningkatkan kemampuan berpikir. Karya tulis yang dihasilkan juga akan menjadi pengikat gagasan, ide dan kreatifitas yang penulis miliki. Realita yang ditemukan bahwa penggunaan tata bahasa Indonesia yang belum baku, penggunaan tanda baca yang belum tepat serta kaida-kaidah ilmiah. Ide-ide yang ditulis belum sistematis, aktifitas menulis masih membuat mahasiswa calon guru sekolah dasar menjadi beban yang sulit untuk diselesaikan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis mahasiswa setelah menerapkan metode drill. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek penelitian mahasiswa semeseter VIA dan B pada jurusan PGSD yang berjumlah 70 orang. Instrument yang digunakan adalah instrument tes berupa tes menulis karya ilmiah berbentuk proposal penelitian. Data dianalisis secara deskriptif dan dibuat pengkategorian. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis mahasiswa kelas VI-A berada pada tiga kategori yaitu pada kategori sangat baik , baik dan cukup baik. Sedangkan pada kelas B berada pada dua kategori yaitu kategori baik dan cukup baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

CP

Publisher

Subject

Education

Description

urnal Cakrawala Pendas adalah media publikasi civitas akademika dalam bidang Pendidikan Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas merupakan jurnal ilmiah yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil kajian serta penelitian Dosen, mahasiswa, guru, praktisi, dan ilmuwan di bidang pendidikan dasar yang meliputi ...