JIPHO ( Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo)
Vol 2, No 4 (2020): JIPHO (Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo)

Struktur Populasi, Pola Pemeliharaan, dan Sumber Pakan Ternak Sapi Bali di Kecamatan Mowewe dan Lambandia, Kabupaten Kolaka Timur .

Muh. Yudit Wahyu R (Unknown)
Hamdan Has (Unknown)
La Ode Nafiu (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur populasi, pola pemeliharaan dansumber pakan ternak sapi bali di Kecamatan Mowewe dan Lambandia Kabupaten KolakaTimur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan metode analisis deskriptif.Teknik penarikan sampel secara purposive berdasakarkan desa yang memiliki populasi ternaktinggi, masing-masing kecamatan diwakili tiga desa sehingga diperoleh 6 (enam) desa sampelpenelitian. Jumlah responden Desa/Kelurahan adalah 20 orang yang diambil menurut jumlahternak terbanyak. Variabel dalam penelitian ini meliputi struktur populasi sapi Bali, sumberpakan, sistem dan pola pemeliharaan. Hasil penelitian menunujukkan bahwa KabupatenKolaka Timur memiliki struktur populasi sapi bali yang tinggi, ketersediaan sumber pakanyang memadai, sistem dan pola pemeliharaan yang baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPHO

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo (JIPHO) adalah jurnal ilmiah bidang peternakan yang mencakup; pemuliaan dan genetika, reproduksi, fisiologi, nutrisi, teknologi pakan, hijauan pakan, produksi ternak, bioteknologi, tingkah laku, kesehatan, sistem peternakan, sosial ekonomi, kebijakan, dan teknologi ...