Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang praktis untuk diterapkan pada pembelajaran online. (2) Mengetahui kualitas perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI jika diterapkan pada pembelajaran online dilihat dari aspek kevalidan dan kepraktisan. Penelitian yang dilakukan berjenis penelitian pengembangan sesuai dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dianalisis secara deskriptif. Kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah sebagai berikut: (1) RPP yang dikembangkan dalam penelitian ini mencapai kriteria “valid” dengan presentase mencapai 80,68%. (2) LKS yang dikembangkan dalam penelitian ini mencapai kriteria yang baik dalam beberapa aspek yakni pada aspek materi mencapai kriteria “sangat valid” dengan presentase mencapai 87,50%, aspek aktifitas mencapai kriteria “sangat valid” dengan presentase mencapai 86,25%, aspek bahasa mencapai kriteria “sangat valid” dengan presentase mencapai 84,37%, dan aspek waktu mencapai kriteria “sangat valid” dengan presentase mencapai 81,25 %. (3) Video pembelajaran dinyatakan mencapai kriteria “sangat valid” dengan presentase mencapai 85,71%. (4) Hasil penilaian siswa terhadap perangkat pembelajaran online yang diujicobakan mencapai kriteria “sangat praktis” dengan persentase 87,91%. Kata kunci: perangkat pembelajaran, pembelajaran online, pendekatan PMRI Abstract: this research aimed to (1) Producing practical mathematics learning device to be applied to online learning. (2) Know the quality of mathematics learning device with the PMRI approach while it is applied in online learning it is seen from the aspect of validity and practicality. The type of research conducted is development research according to the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The data collection technique in this study used a questionnaire and was analyzed descriptively. The quality of learning device developed are as follows: (1) The RPP developed in this study reaches the criteria “valid” percentage reached 80.68%. (2) LKS developed in research achieve good criteria in several aspects namely the material aspects “very valid” with the percentage of reaching 87,50 %, the aspect of activity reaches the criteria of “very valid” with a percentage reaching 86.25%, aspects of language reach the criteria of “very valid” with a percentage of 84.37%, and the time aspect reaches the “very valid” criteria with a percentage of 81.25%. (3) The learning video is stated to reach the criteria of “very valid” with a percentage reaching 85.71%. (4) While the results of student assessments of the online learning device tested were achieved “very practical” criteria with a presentation of 87.91%. Keywords: learning device, online learning, PMRI approach
Copyrights © 2020