Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana mengembangkan kemampuan anak mengenal huruf melalui permainan quiet book di TK IT Mon kuta Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan anak mengenal huruf melalui permainan quiet book di TK IT Mon Kuta Banda Aceh. Metode penelitian mengunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, dalam setiap siklusnya terdapat 4 unsur yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas B3 yang berjumlah 7 orang anak yang terdiri dari 2 orang anak perempuan dan 5 orang anak laki-laki penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pendekatan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan unjuk kerja yang dilakukan pada kegiatan inti melalui permainan quiet book. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I anak yang mendapat kriteria belum berkembang adalah 1 orang anak dan anak yang mendapat kriteria mulai berkembang adalah 6 orang anak. Dan pada siklus II anak yang mendapat kriteria belum berkembang adalah 1 orang anak, anak yang mendapat kriteria mulai berkembang adalah 1 orang anak dan anak yang mendapat kriteria berkembang sesuai harapan adalah 5 orang anak. Dengan demikian dapat disimpulan bahwa melalui permainan quiet book dapat mengembangkan kemampuan anak mengenal lambang huruf vokal dan lambang huruf konsonan di TK IT Mon Kuta Banda Aceh.Kata kunci : Kemampuan Anak, Mengenal Huruf, Permainan Quiet Book
Copyrights © 2020