Penelitian ini dilakukan untuk melakukan evaluasi pelaksanaan distance learning pada Mata Kuliah Ilmu Bahan di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang berdasarkan pemahaman dan pengelolaan yang dilakukan oleh dosen pada saat terjadi wabah Covid-19. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang merupakan sekolah boarding school dan baru pertama kali ini menerapkan distance learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan menggunakan pendekatan expost facto. Penelitian deskriptif ini dilakukan di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang dengan populasi 78 orang, sampel yang digunakan sejumlah 78. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan yaitu evaluatif dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: evaluasi konteks, evaluasi input, dan evaluasi proses memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pelaksanaan distance learning pada Mata Kuliah Ilmu Bahan di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Aspek konteks, input, dan proses bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap kualitas distance learning pada Mata Kuliah Ilmu Bahan di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Copyrights © 2020