Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Vol 7, No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN

EVALUASI DISTANCE LEARNING MATA KULIAH ILMU BAHAN SAAT PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN MODEL CIPP

Darul Prayogo (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melakukan evaluasi pelaksanaan distance learning pada Mata Kuliah Ilmu Bahan di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang berdasarkan pemahaman dan pengelolaan yang dilakukan oleh dosen pada saat terjadi wabah Covid-19. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang merupakan sekolah boarding school dan baru pertama kali ini menerapkan distance learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan menggunakan pendekatan expost facto. Penelitian deskriptif ini dilakukan di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang dengan populasi 78 orang, sampel yang digunakan sejumlah 78. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan yaitu evaluatif dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: evaluasi konteks, evaluasi input, dan evaluasi proses memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pelaksanaan distance learning pada Mata Kuliah Ilmu Bahan di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Aspek konteks, input, dan proses bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap kualitas distance learning pada Mata Kuliah Ilmu Bahan di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ptm

Publisher

Subject

Automotive Engineering Education Engineering Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN: Kajian Teori dan Praktik Pembelajaran Teknik Mesin, merupakan Berkala yang terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian analisis-kritis di bidang pembelajaran teknik ...