Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan
Vol 21, No 1 (2021)

Meningkatkan Motivasi Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Flipped Classroom

Udik Pudjianto (BPPAUD & DIKMAS Jawa Timur)
Nia Saurina (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)
Firman Hadi Pratama (universitas Wijaya Kusuma Surabaya)
Anang Kukuh Adisusilo (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran simulasi digital menggunakan metode pembelajaran flipped classroom pada siswa kelas X SMK GIKI 1 Surabaya tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur motivasi belajar siswa menggunakan flipped classroom berbantuan media youtube. Sebanyak 35 siswa X IPA 1 dilibatkan dalam penelitian tindakan kelas ini. Hasil dari penelitian adalah motivasi siswa terhadap pembelajaran melalui media youtube pada siklus I motivasi siswa mengalami peningkatan yaitu 65,3%. Hasil belajar siswa diukur dari hasil evaluasi diperoleh 65,5%. Pada siklus II dilakukan tidak jauh berbeda dengan siklus pertama dari segi perencanaan, tindakan dan observasi. Adapun hasil pengamatan peningkatan motivasi siswa 82% dan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 80,2%.

Copyrights © 2021