Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan
Vol 20, No 3 (2020)

Pengaruh Porogapit Card Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika di SDN 02 Sukoanyar Pakis

Rio Febrianto Arifendi (Universitas Tribhuwana Tunggadewi)
Natasha Pramudita Irianti (Universitas Tribhuwana Tunggadewi)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh daripenggunaan porogapit card untuk meningkatkan minat belajar matematika terutama pada topik pembagian, dengan melihat perspektif siswa selama proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Research & Development (R&D), terbatas hingga tahap implementasi, menggunakan metode eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol postest only. Instrumen kuesioner yang dimodifikasi oleh Mathew Mitchell, dengan melihat aspek perhatian dan perasaan senang. Populasi yang digunakan adalah semua kelas 5 SDN 02 Sukoanyar yang terdiri dari dua kelas. Satu kelas terdiri dari 28 siswa untuk menjadi kelas eksperimen dengan menggunakan porogapit card, dan yang lainnya terdiri dari 26 siswa untuk kelas kontrol. Data yang dikumpulkan adalah kuisioner dan postes minat belajar. Dari percobaan, ada 14 siswa dengan minat tinggi (64,13 ≤ x <71,33) dan 14 siswa dengan kriteria sangat tinggi (71,33 ≤ x). Hasil ini didukung dengan korelasi data postes. Berdasarkan analisis data, pembuatan porogapit card layak digunakan di tingkat SD kelas 5 untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa.

Copyrights © 2020