CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro
Vol 4, No 2 (2020)

Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Pelajaran Menggambar Teknik di SMK Negeri 4 Banda Aceh

Malahayati Umar (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry)
Fathurrahman Fathurrahman (Universitas Syiah Kuala)
Mawardi Mawardi (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry)
Mouliza Astari (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry)
Khairan Ar (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2020

Abstract

Abstrak  Berdasarkan observasi di SMK Negeri 4 Banda Aceh pada pelajaran Menggambar Teknik diperoleh sebagian besar siswa kurang memiliki semangat dan minat untuk belajar, sehingga berdampak pada nilai siswa-siswa tersebut. Hal ini terjadi salah satunya karena penggunaan metode dan model pembelajaran yang masih berorientasi pada guru (teacher centered), yaitu guru memberikan dan siswa hanya menerima yang diberikan guru yang mengakibatkan banyak siswa di kelas menjadi pasif dan lama kelamaan mereka merasa jenuh dan bosan karena kurang dilibatkan dalam proses belajar mengajar sehingga minat belajar menjadi kurang yang berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat tingkat hasil belajar dan respon siswa terhadap penerapan Model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran Menggambar Teknik. Penelitian ini merupakan Penelitian quasi eksperimen analisis data kuantitatif, data hasil penelitian dikumpulkan melalui lembar tes dan lembar kuesioner. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain one group pretest and posttest. Hasil analisis membuktikan bahwa terdapat perubahan hasil belajar peserta didik yang dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest dan posttest yaitu (31,11<68,89), Sehingga dapat disimpulkan ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Menggambar Teknik di SMKN 4 Banda Aceh menggunakan model pembelajaran Make a Match dan respon peserta didik terhadap model pembelajaran Make a Match pada pelajaran Menggambar Teknik baik, hal ini dapat dibuktikan dengan melihat respon peserta didik terhadap pernyataan-peryataan positif kuesioner semuanya di atas 75%.  

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

circuit

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering Other

Description

Journal Circuit is an Electrical Engineering Education Scientific journal which published by the Electrical Engineering Education Department, Faculty of Teaching and Training, Ar-Raniry State Islamic University, Banda Aceh. The Circuit Journal publishes empirical and theoretical contributions in the ...